Jumat, 13 November 2015

SEGMENTASI PASAR DAN ANALISIS DEMOGRAFI

SEGMENTASI PASAR 


A. PENGERTIAN SEGMENTASI PASAR 

Segmentasi pasar adalah proses membagi-bagi pasar yang semula berprilaku heterogen menjadi beberapa kelompok pasar yang sekarang berprilaku lebih seragam. 

  
B. BASIS SEGMENTASI PASAR 

• Basis Segmentasi Pasar konsumen : 
  Basisi segmentasi pasar yang paling umum dapat digunakan adalah aspek geografis, demografis, psikografis dan perilaku. 
1. Geografis (wilayah, pemukiman, perkotaandsb) Pasar dapat dibedakan menurut batas-batas wilayah atau daerah. Misalnya pasar daerah barat dan daerah timur. 
2. Demografi (usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dsb) Pasar dapat dibedakan menurut perbedaanmisalnya usia. Perilaku pasar kanak-kanank akan berbeda dengan pasar dewasa. 
3. Psikografi (sikap,motivasi, persepsi dsb) Pasar dapat dibedakan menurut perbedaan misalnya sikap konsumen terhadap produk tertentu. 
4. Kebiasaan (membeli, mengkonsumsi, dsb) 

 • Basis Segmentasi Pasar Industrial : 
   Basis segmentasi untuk pasar industrial adalah aspek geografis, demografis, karakteristik     operasional, pendekatan pembelian , faktor situasinal, dan karakteristik personal. 
1. Geografis (wialayah sentra industry dan perdaganagan) 
2. Demografis (jenis industry, kapasitas/luas produksi) 
3. Variable operasional (tingkat teknologi, pola konsumsi, kapabilitas dan kebutuhan panggan) 

C. PROSES SEGMENTASI PASAR 

Proses segmentasi mempunyai beberapa langkah. 
1. Identifikasi basis segmentasi pasar 
2. Mengumpulkan informasi pasar 
3. Mengembangkan komposisi profil segmen 
4. Penetapan konsekuensi pemasaran 
5. Estimasi masing-masing potensi segmen pasar 
6. Analisis peluang pasar 
7. Penetapan penguasaan pasar 


E. MANFAAT DAN KELEMAHAN SEGMENTASI

Manfaat yang lain dengan dilakukannya segmentasi pasar, antara lain: 
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang senantiasa berubah. 
2. Dapat mendesign produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar. 
3. Dapat menentukan kampanye dan periklanan yang paling efektif. 
4. Dapat mengarahkan dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. 
5. Dapat digunakan untuk mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi pasar cukup besar. 

Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi, antara lain: 
1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek. 
2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan. 
3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon. 4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. 



ANALISIS DEMOGRAFI 


 A. PENGERTIAN DAN DEFINISI DEMOGRAFI 

Demografi (demography), merupakan istilah yang berasal dari dua kata Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat atau penduduk dan graphein yang berarti menggambar atau menulis. Oleh karena itu, demografi dapat diartikan sebagai tulisan atau gambaran tentang penduduk , terutama tentang kelahiran, perkawinan, kematian dan migrasi. 


B.DEMOGRAFI DALAM EKONOMI MENCAKUP PERILAKU KONSUMEN 


    Gaya hidup merupakan pola hidup yang menentukan bagaimana seseorang memilih untuk menggunakan waktu, uang dan energi dan merefleksikan nilai-nilai, rasa, dan kesukaan. Gaya hidup adalah bagaimana seseorang menjalankan apa yang menjadi konsep dirinya yang ditentukan oleh karakteristik individu yang terbangun dan terbentuk sejak lahir dan seiring dengan berlangsungnya interaksi sosial selama mereka menjalani siklus kehidupan. 
      Gaya hidup yang diinginkan oleh seseorang mempengaruhi perilaku pembelian yang ada dalam dirinya, dan selanjutnya akan mempengaruhi atau bahkan mengubah gaya hidup individu tersebut. Tidak lepas dari gaya hidup, demografi kelas sosial dalam perilaku konsumen mempengaruhi gaya hidup masyarakat. Kelas sosial adalah pembagian masyarakat ke dalam kelas-kelas yang berbeda atau strata yang berbeda yang menggambarkan perbedaan pendidikan, pendapatan, pemilikan harta benda, gaya hidup, nilai-nilai yang dianut dan selanjutnya perbedaan tersebut akan mempengaruhi konsumsi seseorang atau keluarga. Kelas sosial penting dalam segi eknomi dan bisnis karena kelas sosial digunakan oleh produsen dalam menentukan segmentasi suatu produk barang atau jasa. Sebagai contoh, produsen kendaraan BMW dan produk Amerika cenderung membidik konsumen dengan kelas sosial atas. 


C. TUJUAN DAN PENGGUNAAN DEMOGRAFI 


Tujuan penggunaan demografi ada 4 yaitu: 

1. Mengembangkan hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek organisasi sosial. 

2. Menjelaskan pertumbuhan masa lampau, penurunannya dan persebarannya dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia. 

3. Mempelajari kuantitas dan distribusi penduduk dalam suatu daerah tertentu. 

4.Mencoba meramalkan pertumbuhan penduduk dimasa yang akan datang dan kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya. 


D. PENGARUH DEMOGRAFI DALAM PEMASARAN 


Dalam pemasaran data-data demografi dikumpulkan kepada pemerintah agar pemerintah memiliki data yang lengkap dan mengetahui karakteristik penduduk. Hal ini penting untuk menentukan arah kebijakan sebagai upaya perlindungan konsumen. Variabel usia, pendidikan, pekerjaan, dan letak geografi penting untuk dikumpulkan karena variabel-variabel tersebut mempengaruhi pola perilaku konsumen melalui perbedaan-perbedaan sikap dan persepsi yang ditimbulkan. 



REFERENSI : 
https://succkasuccki.wordpress.com/2015/01/05/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi/ 
http://rini-mycampus.blogspot.co.id/2013/09/segmentasi-pasar-dan-analisis-demografi.html

1 komentar: