Minggu, 18 Desember 2011

Teknik Meningkatkan Kreativitas

Cara umum meningkatkan kreativitas adalah dengan mengubah cara berpikir dan bertindak. Berikut cara-cara meningkatkan kreativitas:

Perumusan masalah secara kreatif

Usaha yang dilakukan untuk menghindar dari perumusan masalah yang sudah jelas. Tetapi coba berpikir secara divergen dan bukan convergen dengan melontarkan pertanyaan baru maupun mencoba melihat dari sudut pandang yng berbeda agar memperoleh kemungkinan baru.

Bertanya dan bertanya

Intinya adalah dengan terus-menerus melontarkan pertanyaan untuk memperbesar terciptanya solusi yang kreatif, tanpa perlu khawatir apakah pertanyaan yang kita ajukan salah atau karena pertanyaan tersebut orang lain menganggap kita bodoh.

Curah gagasan

Untuk dapat melakukan curah gagasan yang efektif, perlu diperhatikan tiga kondisi berikut:

1.Selama proses mencurahkan gagasan jangan melakukan penilaian.

2.Proses pencurahan gagasan harus benar-benar bebas, artinya semua gagasan harus ditampung.

3.Usahakan sebanyak mungkin gagasan dapat dilontarkan.

Orang aneh

Maksudnya adalah memasukkan orang lain yang tidak begitu tahu tentang bidang pekerjaan atau bidang pengetahuan yang sedang dipecahkan masalahnya. Teknik ini muncul oleh karena penelitian menemukan bahwa banyak orang mengalami kesulitan untuk kreatif dalam hal-hal yang sudah sangat dikenalnya.

Iklim kreatif

Menciptakan suasana yang kondusif, berarti harus membuang semua hambatan terjadinya kreativitas sekaligus menciptakan lingkungan fisik, psikologis, dan sosial yang kondusif untuk kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar